Sabtu, 15 Oktober 2011

Kok Bisa Beda?

Semangat belajar komunitas 3 Kom Batam mempresentasikan tugas mata kuliah.
Batam Centre- Kecurigaan kami terhadap modul Mata Kuliah Hukum Media Massa dengan bahan ajar Pengantar Ilmu Hukum/PTHI (ISIP 4130) sejak awal terjawab sudah ketika kami belajar soal Latihan Mandiri Online (LMO).

Dari 45 soal yang ada sama sekali tidak "nyambung" dengan modul yang kami dapat (ISIP 4310). Materi soal yang ada di LMO sangat kental dengan dunia jurnalistik/media massa, sedangkan di modul ISIP 4310 bisa dibilang tidak disinggung sama sekali."Iya ya..kok Jaka Sembung Bawa Golok alias gak nyambung boook..?" kata Razak yang diamini kawan-kawan mahasiswa Ilmu Komunikasi (3-Kom) lainnya sambil tertawa bersama seusai mengikuti TTM pekan lalu.

Beginilah kami menseriusi materi yang kami ambil.

Pernah suatu waktu kami menanyakan kepada tutor ISIP 4310 tentang masalah ini namun kami harus pasrah dengan jawabannya. Kami sadar tutor hanya melaksanakan apa yang telah diarahkan oleh UT. Masalahnya adalah bagaimana kami bisa menjawab dengan baik dan benar ujian nanti jika modul tidak sesuai dengan materi soal ujian? (jika soal-soal ujian nanti seperti di LMO). Yang kedua, kami mahasisma ilmu komunikasi yang nantinya "harus" memahami/menguasai hal-hal yang berkenaan dengan media massa agar setelah kami lulus nantinya tidak asing lagi dengan media massa dan permasalahannya.

Kejanggalan yang dirasa teman-teman 3-Kom pernah kami sampaikan dan menanyakan perihal modul ini ke seorang tutor yang S1 dan S2 ilmu komunikasi. "Sudah tentu beda ya Pengantar Ilmu Hukum umum dengan Hukum Media Massa," katanya.

Bagaimana dengan Produksi Media dan Kebijakan dan Strategi Produksi? "Itu juga beda, Kebijakan dan Strategi Produksi biasanya dipelajari di Teknik Industri.

Ahmad, mahasiswa Ilmu Komunikasi yang semester ini juga mengambil dua MK tersebut juga merasa heran. "Tidak seperti yang aku bayangkan sebelumnya?" ungkapnya dengan nada tanya. Kami sebagai mahasiswa harus siap menghadapi ujian meskipun nantinya kami juga tidak tahu bagaimana hasil ujian semester ini. Kami hanya bisa berusaha sebaik mungkin dan berdoa semoga nilai MK kami memuaskan, "Dapat A semua"..amin. (3-Kom)

2 komentar:

  1. Harapannya saat UAS 2011.2 nanti tetap sesuai dengan modul yang sudah kami miliki,,,,,

    BalasHapus
  2. Sebagai anak komunikasi, kita butuh materi di modul Hukum Media Massa itu karena materi itulah yang kita harapkan.

    BalasHapus