Senin, 14 Maret 2011

Pengenalan Untuk Mahasiswa Baru UT


Abdul Razak Gaus, mahasiswa senior Ilmu Komunikasi memberikan testimoni kepada mahasiswa baru saat OSMB. 2011.1. (Foto : Reni/Pokjar UT Batam)


OSMB 2011-1 di Asrama Haji Batam
Batam-200 an mahasiswa baru UT Batam non pendas dari semua jurusan, seperti Ilmu Komunikasi, Ekonomi, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pemerintahan mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ)- Universitas Terbuka (UT) Batam, tahun ajaran 2011-1 yang dilaksanakan di Gedung Azizah 2, Asrama Haji, Batam Centre, Sabtu (12/3) siang.



Pembantu Rektor III UT, Hasmonel, S. H., M. Hum yang hadir dalam acara pengenalan tersebut menyampaikan keuntungan dan kelebihan UT dibanding dengan universitas lain, antara lain sistem belajar mandiri secara on line, fleksibel dalam pemilihan waktu belajar, dan UT sudah menerapkan Sistem Ujian On line (SUO). Selain itu, Hasmonel mengatakan, UT sudah menjangkau hingga luar negeri, Arab Saudi, Singapura, Malaysia, Hongkong, dan negara lainnya.

"Belajar di UT juga bisa lebih cepat dari universitas lain," kata Hasmonel di hadapan mahasiswa baru.

Lebih lanjut, Hasmonel menjelaskan, kuliah di UT bisa lebih cepat asal mahasiswa mampu menyelesaikan beban SKS (Satuan Kredit Semester) dengan penuh (30 SKS per semester) karena mata kuliah yang bentrok bisa disiasati dengan mengikuti ujian on line (SUO).

Pembicara lain yang hadir di antaranya, Kepala UPBJJ UT Batam, Kepulauan Riau Paken Pandiangan, S.Si, M.Si, Koordinator Bidang Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) UPBJJ-UT Batam, Chablullah Wibisono (motivator/tutor UT), dan petinggi UT UPBJJ Batam lainnya.

Selain itu, mahasiswa semester IV dan V dari jurursan Ilmu Komunikasi juga diberi kesempatan memberi testemoni untuk menyuntikkan semangat belajar kepada yuniornya.

Mahasiswa baru tampak sangat antusias mendengarkan pemaparan demi pemaparan, baik dari petinggi UT maupun dari mahasiswa UT. Ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan mahasiswa baru.

Riki Tarnado, 21, di antara 200 an mahasiswa baru itu bersemangat menghadiri OSMB itu."Saya ingin menambah wawasan, dan ingin mencari pekerjaan yang lebih baik," ujar lajang yang kini bekerja sebagai operator di PT Gimli Batam ini.

Kuliah di UT, menurut Riki, tidak mengganggu aktivitas kerjanya yang penuh dari Senin hingga Sabtu,"Kalau di UT kan hanya sekali seminggu dan itu di hari libur (Minggu)," alasannya.

Tak beda dengan Riki, Hariyanti, 32, salah satu penyiar Radio Salam  FM dan karyawan PT Unisem ini juga ingin menambah wawasannya, apalagi jurusan yang ia ambil mendukung profesinya (Ilmu Komunikasi)."Sebenarnya sejak dulu ingin kuliah tapi timingnya gak pas dengan waktu kerja. Setelah tau UT (Batam), baru niat ini bisa diwujudkan," ucapnya tersenyum. Lanjut wanita berjilbab ini, ia baru tau setahun lalu jika ada UT di Batam."Taunya dari Mbak Erna, dia mahasiswa UT Batam jurusan Ilmu Komunikasi," tuturnya.

"Dulu, saya kira UT itu universitas ecek-ecek. Kuliah gak ada kampus, tanpa dosen. Ternyata perkiraan saya salah, ternyata lulusan UT banyak juga yang bagus-bagus, apalagi setelah tau langsung dari petinggi-petinggi UT dan mahasiswa senior UT di acara OSMB kemarin," tukasnya. (Yusuf Hidayat/Ahmad Khoiri)

Galeri Foto :

Motivator/ tutor UT Batam,Chablullah Wibisono menyuntikkan semangat belajar kepada mahasiswa baru UT Batam.



Suasana OSMB berjalan akrab.


(ki-ka) Chablullah Wibisono, Pembantu Rektor III UT, Hasmonel, dan Kepala UPBJJ UT Batam, Kepulauan Riau Paken Pandiangan, tampak berbincang akrab.


Mahasiswa senior Ilmu Komunikasi, Ahmad Khoiri menyampaikan pengalamannya selama kuliah di UT Batam.


Mahasiswa baru menyimak dengan serius pemaparan dari pembicara.


Mahasiswa baru UT Batam.



(ki-ka) Abd Razak Gaus, Reni, dan Ahmad Khoiri.***

7 komentar:

  1. yups..ayo nulis & terbitkan di blog kita ini. Tulisan dlm bentuk berita, puisi, maupun sajak. Mari besarkan sarana komunitas mahasiswa UT Batam, khususnya mahasiswa komunikasi. salam semangat!

    BalasHapus
  2. yo chayoo smangaaattt!!!kompak slalu...,kaka2 senior bantu kami ya... ^_^

    BalasHapus
  3. ika & yanti : mana tulisan kalian?

    BalasHapus
  4. yah, diriku ketinggalan ternyata....
    chayoo..anak2 komunikasi...
    "sayang, kagak ikutan pas OSMB kemaren :("

    BalasHapus
  5. soe, mirip" soe hok gie (aktivis sejati 60-an). gak ada kata terlambat, meski terlambat ikut OSMB..tp jangan terlambat kirim karya tulismu ke blog ini.

    BalasHapus