Kamis, 09 Juni 2011

Membangun Patriotisme Pemuda Perbatasan


Coryna (tengah) dan mahasiswa UT Batam lainnya foto bersama nara sumber.


Nagoya- Berbagi pengalaman buat semua teman – teman nih, semoga bermanfaat. Rabu 30 Mei 2011, saya dan lima rekan mahasiswa lainnya mewakili Universitas Terbuka UPBJJ Batam mengikuti pelatihan membangun karakter pemuda melalui pengembangan kepanduan, kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kesukarelawanan dari Kementerian Pemuda dan Olah Raga di Hotel Nagoya Plaza selama tiga hari (30 Mei–1 Juni 2011).

Setiap universitas mengirim enam mahasiswanya. Perwakilan dari UT Batam, saya Corina (jurusan Komunikasi), Jadi (Komunikasi), Bambang Cahyadi (Manajemen), Yulia (Akuntansi), Fitri (Akuntansi), dan Sani (Akuntansi).

Kegiatan ini dimaksudkan agar para pemuda di Indonesia memiliki kemampuan intelektualitas dan kemampuan untuk mendukung pembangunan nasional dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Setiap kegiatan memiliki Asdep (Asisten Deputi). Dan setiap Asdep melaksanakan
kegiatannya masing-masing dengan peserta dan nara sumber tersendiri.

Selama mengikuti pelatihan, saya dan teman-teman dari UT berada di Asisten Deputi
Tenaga Kepemudaan bersama dari Universitas lainnya. Kegiatannya adalah Achievement
motivation Training dan pengembangan kesukarelawan pemuda di daerah perbatasan.

Mengapa kita ditempatkan di bagian ini? Karena kami berada di pulau yang berbatasan langsung dengan beberapa Negara tetangga yang rawan terjadi konflik.

Permasalahan masyarakat di daerah perbatasan sangat kompleks, mulai dari masalah ekonomi hingga masalah kebangsaan. Karena itu diperlukan perhatian khusus pada masyarakat daerah perbatasan dengan melibatkan pemuda sebagai sukarelawan dan penggerak suatu bangsa.

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk menumbuhkembangkan motivasi, jiwa patriotisme dan nasionalisme pemuda dengan menjadi tenaga relawan di daerah perbatasan dan untuk meningkatkan kualitas pemuda sebagai mediator
dan peggerak persatuan dan kesatuan Bangsa.

Dengan adanya kegiatan seperti ini kita juga bisa mengenal rekan-rekan mahasiswa dari berbagai universitas di seluruh Indonesia serta menumbuhkan rasa kebersamaan sebagai Pemuda Indonesia.

Tak hanya itu, banyak juga ilmu yang sangat bermanfaat dari pelatihan ini untuk bekal kita sebagai pemuda yang menjadi bagian dari bangsa Indonesia, di bawah naungan Garuda Sakti Pancasila! Salam semangat, merdeka! (Corina)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar